Alasan Mengapa Naik Pesawat Saat Traveling Itu Lebih Murah dan Efektif

Saat menyusun itinerary untuk Traveling, seringkali memilih alat transportasi menuju tempat wisata menjadi hal yang membingungkan. Tidak jarang harus berpikiri beberapa kali untuk benar-benar bisa menentukan harus menggunakan transportasi apa untuk menujut tempat wisata yang diinginkan. Bahkan, terkadang harus memutar otak jika ongkos untuk transportasi tidak sesuai dengan budget yang tersedia sehingga memotong budget untuk keperluan lain.

Fenomena ini sering kali dirasakan oleh traveler yang berniat menghemat biaya selama liburan sehingga seringkali mengabaikan pesawat sebagai alat transportasi yang ingin digunakan. Selalu mendahulukan kereta atau bis dengan alasan tiket pesawat itu mahal. Padahal tidak selalu tiket pesawat lebih mahal dibanding dengan tiket kereta atau bus jika dicermati dengan baik.

Alasan Mengapa Naik Pesawat Saat Traveling Itu Lebih Murah dan Efektif


Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa naik pesawat saat traveling itu lebih murah dan efektif, simak yuk!


1. Pesawat Mampu Menjangkau Pelosok

Salah satu hal mengapa naik pesawat itu lebih murah dan efektif adalah karena fleksibilitas dari pesawat yang mampu menjangkau pelosok. Contohnya jika ingin ke salah satu kepulauan yang eksotis dan indah di Berau, Kepulauan Derawan.

Tujuan pertama untuk ke Kepulauan Derawan di Berau adalah Balikpapan. Jika dari Jakarta ke Balikpapan menggunakan transportasi darat jarak yang harus ditempuh sekitar 2300 Kilometer, bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan dan biaya akan membengkak, bensin, konsumsi, parkir, dan biaya lainnya tak mungkin bisa dihindarkan.

Sekarang coba kita bandingkan dengan pesawat, jika menggunakan perjalanan udara dengan Citilink, biaya tiket yang harus dikeluarkan sekitar 500ribuan tanpa harus mengeluarkan biaya untuk konsumsi, parkir, dan lain-lain. Kemudian dari Balikpapan menuju Kepulauan Derawan Jika menggunakan transportasi darat butuh sekitar 12 jam dengan jarak 563 Kilometer. Untuk bensin saja 400 ribuan habis belum lagi biaya lainnya.

Jika menggunakan pesawat menuju Kepulauan Derawan (Berau) kamu hanya perlu mengeluarkan biaya 500 ribu tanpa harus memikirkan bensin, konsumsi, parkir, biaya supir dan lain-lain. Lebih murah dan efektif tentunya!

Mengapa bisa dikatakan lebih murah? Karena prinsip dalam traveling adalah time is money.  Jika menemukan waktu yang tepat saja sulit, lalu relakah mengorbankan waktu yang begitu berharga ini dengan menghabiskan waktu diperjalanan? Think smart!
perjalanan udara dengan Citilink
Sumber : djogjasumberberita.com

2. Naik Pesawat = Banyak Tempat Wisata dan Lebih Manfaat

Alasan selanjutnya mengapa naik pesawat saat traveling itu lebih murah dan efektif adalah,  karena naik pesawat dapat menjangkau tempat wisata lebih banyak dan lebih banyak manfaat yang didapat dibandingkan dengan banyak waktu habis di perjalanan.  Logikanya jika naik pesawat dapat menghemat waktu perjalanan 8 jam (missal) maka dengan waktu 8 jam itu dapat mengunjungi tempat wisata minimal 2 tempat. So, masih mau bilang naik pesawat itu lebih mahal?


3. Banyak Promo

Jika pertimbangan tidak naik pesawat adalah karena harga, mungkin perlu lebih cermat untuk bisa dapat harga tiket murah atau promo dari maskapai.  Sebenarnya hampir setiap bulan ada saja promo yang diberikan maskapai atau Online Travel Agent (OTA). Terlebih jika sudah bergabung menjadi member di OTA atau maskapai, biasanya mereka memberikan private pricing kepada member yang loyal dan sering bertransaksi.

So, sering-sering deh pantai situs maskapai atau OTA, jangan sampai promo atau diskon terlewatkan! Atau sekarang juga bisa pesan tiket dengan cara online via smartphone. Tinggal download aplikasinya, bahkan seringkali harga tiket pesawat di mobile apps lebih murah dibanding dengan di website.
Sumber : yldist.com

4. Naik Pesawat Lebih Aman

Alasan lainnya mengapa naik pesawat saat traveling itu lebih murah dan efektif adalah karena keamanan. Jika sudah berbicara keamanan dan keselamatan maka tak ternilai harganya. Menuru data dari KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) pada tahun 2014, tingkat rasio kecelakaan pesawat hanya 0,76 persen, sedangkan mobil atau motor sekitar 5 persen.  Tinggal memilih maskapai mana yang terpercaya.
perjalanan udara dengan Citilink
Sumber : merdeka.com

Selain itu Barang bawaan yang ditaruh di bagasi pesawat juga lebih aman dan terjamin. Jika ada kehilangan maka pihak maskapai pesawat yang mengganti.

Itulah 4 alasan mengapa naik pesawat saat traveling itu lebih murah dan efektif, tinggal  bagaimana penyikapan dan mindset kita saja, good bye!